EXPERT SYSTEM (SISTEM PAKAR)

September 18th, 2010

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan salah satu bidang dalam ilmu komputer yang ditujukan pada pembuatan software dan hardware sehingga dapat berfungsi sebagai sesuatu yang yang dapat berfikir atau bertindak seperti manusia. Beberapa cabang dalam kecerdasan buatan, antara lain sistem pendukung keputusan, jaringan saraf tiruan, robotic, bahasa alami, game, speech, dan lain-lain.

Contoh bidang lain dalam kecerdasan buatanĀ  adalah sistem pakar yang membuat penggunaan secara luas knowlwdge atau pengetahuan dan prosedur inferensi yang khusus untuk penyelesaian masalah manusia tingkat pakar yang dituangkan dalam bentuk program komputerisasi.

Bidang sistem pakar ini merupakan penyelesaian pendekatan yang sangat berhasil untuk permasalahan kecerdasan buatan klasik dari pemograman intelligent (cerdas), namun sistem pakar dapat berfungsi sangat baik hanya dalam batasan domainnya saja seperti bisnis, kedokteran, ilmu pengetahuan, dan teknik.

Dalam pengembangan suatu sistem pakar dua komponen penting yaitu satu, terdapatĀ  knowlwdge atau pengetahuan yang mungkin saja berasal dari seorang ahli, atau pengetahuan dari media seperti majalah, buku, jurnal, dan sebagainya. Kedua mesin inferensi yang ditujukan untuk menggambarkan suatu konklusi atau kesimpulan yang merupakan respon terhadap pengguna.

Sistem pakar disusun oleh dua bagian utama, yaitu lingkungan pengembangan dan lingkungan konsultasi. Lingkungan pengembangan digunakan untuk memasukkan pengetahuan pakar kedalam lingkungan sistem pakar, sedangkan lingkungan konsultasi digunakan pengguna bukan pakar untuk memperoleh pengetahuan pakar.

Komponen-komponen yang terdapat dalam sistem pakar tersebut terdiri dari antarmuka pemakai, basis pengetahuan : fakta dan aturan, akuisisi pengetahuan, mekanisme inferensi, workplace, fasilitas penjelasan, perbaikan pengetahuan.

Leave a Reply