Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam menerapkan Knowledge Management dalam Organisasi :

Langkah 1: Mengidentifikasi Masalah Bisnis

KONSEP KUNCI: Keberhasilan penerapan manajemen pengetahuan memerlukan identifikasi yang jelas dari masalah bisnis yang harus diselesaikan dan penyelarasan proyek Knowledge Management dengan bisnis secara keseluruhan.

Langkah 2: Mempersiapkan untuk Perubahan

KONSEP KUNCI: Knowledge Management lebih dari sekedar aplikasi teknologi. Ini melibatkan perubahan budaya dalam cara memandang pengetahuan karyawan yang mereka kembangkan. Implementasi Knowledge Management yang sukses juga memerlukan dukungan dari manajemen perusahaan.

Langkah 3: Membuat Team

KONSEP KUNCI: Sebuah tim yang baik dengan pemimpin tim yang kuat dan keahlian “lintas departemen” adalah hal yang penting untuk keberhasilan pelaksanaan Knowledge Management

Langkah 4: Melakukan Audit Pengetahuan

KONSEP KUNCI: Audit pengetahuan mengidentifikasikan sumber-sumber pengetahuan yang diperlukan untuk memecahkan masalah bisnis. Ini mulai mengatur pengetahuan dengan mengembangkan kategori yang mencerminkan bagaimana organisasi Anda beroperasi. Pengetahuan audit itu tidak harus menjadi proyek yang panjang dan kompleks.

Langkah 5: Menentukan Fitur Utama

KONSEP KUNCI: Membuat daftar fitur utama yang diperlukan untuk memastikan bahwa Knowledge Management akan membantu memecahkan masalah utama bisnis sekaligus meningkatkan keseluruhan TI infrastruktur.

Langkah 6: Membangun batas-batas untuk Knowledge Management

KONSEP KUNCI: Penerapan sistem Knowledge Management dengan menggunakan pendekatan bertahap.
Setiap tahap alamat implementasi merupakan sebuah bagian tertentu dari solusi

Knowledge Management, meletakkan landasan untuk tahap berikutnya, memberikan manfaat langsung dan memberikan pengukuran terhadap ROI.

SolusiĀ  yang diberikan adalah adalah:

  • Pengaksesan Pengetahuan Silo yang ada untuk mendapatkan ROI langsung dari sumber daya yang ada tersebut
  • Penerapan Knowledge Mining untuk akses yang lebih efisien
  • Mengotomatisasikan kategori untuk menyetujui pada Knowledge Management
  • Mengaktifkan kontribusi end-user untuk mengijinkan peningkatan arus Knowledge
  • Memperluas penggunaan metadat dan taxonomi untu kategori knowledge yang efektif
  • Mebuat Knowledge Directory

Langkah 7: Linking Knowledge kepada People

Knowledge Directory

Sebuah Knowledge Direktori memungkinkan karyawan untuk menemukan ahli subjek-materi dalam rangka untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman mereka. Sebuah direktori pengetahuan, tidak seperti database keterampilan sederhana, namun dapat mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan yang mereka berkontribusi dan bagikan

Content Management

Content manaement memastikan bahwa informasi yang akurat, berguna, dan dikelompokkan sehingga mudah dicari.Banyak upaya di Knowledge Management gagal
karena konten editor tidak diberi waktu untuk melakukan tugas mereka, yang menghasilkan “polusi informasi” dan kebiasaan pengguna yang meninggalkan sistem.

Leave a Reply